Manfaat Madu Lebah

Banyak manfaat madu lebah yang bisa diambil. Selain madu, lebah juga menghasilkan beberapa produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Produk lebah tersebut di antaranya madu, royal jelly, tepung sari (polen), lem lebah (propolis), malam lebah (beeswax) dan racun lebah (beevenom).

Di samping itu, manfaat madu lebah dalam proses polinasi (penyerbukan) berbagai jenis tanaman. Bahkan, banyak tanaman yang tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri dapat dibantu oleh lebah, sehingga fungsi lebah sangat penting sebagai pelestari tanaman. Manfaat madu diantaranya untuk pengobatan, pemeliharaan kesehatan, bahan pengawet alami, serta bahan pemanis makanan dan minuman.

Manfaat Madu Lebah

Manfaat Madu Lebah

Dari zaman dulu, madu merupakan makanan yang sangat digemari dan digunakan sebagai obat. Ditemukan lukisan-lukisan dalam piramida di Mesir yang menggambarkan penggunaan madu sebagai makanan dan obat-obatan. Juga di dalam koleksi George Eber yang dilukis 3.500 tahun yang lalu dalam satu jenis rumput menerangkan bahwa madu bisa digunakan untuk mengobati luka-luka, merangsang urinasi dan mempermudah pengeluaran isi perut.

Produk lebah yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi antara lain:

Royal Jelly

Royal jelly adalah sekresi lebah manfaat madu lebah yang dipergunakan dalan nutrisi larva serta ratu yang dewasa. Lebah madu disekresikan dari kelenjar di hipofaring lenah pekerja dan diumpankan keseluruh koloni lebah. Komposisi keseluruhan royal jelly adalah 67% air, 12,5% protein kasar, termasuk sejumlah kecil banyak asam amino yang berbeda, dan 11% gula sederhana (monosakarida), juga termasuk jumlah yang relatif tinggi (5%) dari asam lemak. Royal jelly juga mengandung banyak mineral, beberapa enzim, komponen antibakteri dan antibiotik, asam pantotenat (vitamin B5), vitamin B6 (pyridoxine) dan jumlah vitamin C, tetapi tidak ada vitamin yang larut dalam lemak, A, D melacak, E dan K.

tepung sari (polen)

Tepung sari atau serbuk sari (polen) merupakan alat penyebaran dan perbanyakan generatif atau pertumbuhan bunga. Secara sitologi serbuk sari merupakan sel dengan 3 nukleus yaitu inti vegetatif, inti generatif I, dan inti generatif II.

lem lebah (propolis)

Propolis adalah percampuran kimia yang kompleks dan produk alami yang sangat berguna. Ilmuwan di Inggris telah menciptakan obat gel untuk manfaat madu lebah yang dapat mengobati luka di mulut yang menyakitkan atau sariawan, dengan menggunakan campuran resin dan lilin yang digunakan lebah madu untuk mensterilkan sarangnya.

Racun lebah (beevenom).

Bee venom adalah cairan bening yang terdiri dari berbagai unsur protein. Lebah menyuntikkan rata-rata tidak lebih dari 0,1 mg bee venom pada saat lebah menyengat manisua.

Malam Lebah

Malam lebah adalah lilin yang paling baik dan hargany paling mahal. Lilin lebah dihasilkan oleh lebah pekerja. Lilin lebah dulu banyak dipakai untuk memumikan mayat dan membuat cairan pembakar suluh pada zaman Mesir kuno. Di Indonesia, malam lebah lanceng (Trigona) digunakan untuk membuat batik tulis.

Sarang lebah dibuat dari malam lebah dengan bahan dasar madu. Di bagian samping bawah perut lebah pekerja terdapat empat pasang kelenjar yang menghasilkan malam lebah. Malam tidak dikumpulkan dari bunga, tetapi dibuat dari madu dalam kelenjar tersebut. Untuk membuat satu kilogram malam lebah bisa menghabiskan madu sebanyak 7-15 kg. Kegunaan malam lebah adalah untuk bahan dasar kosmetika, pembuatan lilin, dan industri perlebahan. Contohnya, malam lebah digunakan untuk membuat salep, lotion, lipstik, pelapis pil, perekat, krayon, permen dan tinta.

Manfaat Madu Lebah untuk kesehatan tubuh dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mata, mengobati luka, memperkuat sel darah putih, penambah stamina/tenaga, mengobati anemia dan alergi, menambah kesuburan suami istri.

Selain untuk kesehatan tubuh Manfaat madu lebah lainnya adalah untuk kecantikan kulit tubuh. Seperti menggunakan madu lebah untuk masker, dapat juga untuk nghilangkat noda bekas jerawat, mengobati bibir kering dan hitam, sebagai conditioner rambut, mengangkat kulit mati (dioleskan), melembutkan dan melembabkan bibir, menghilangkan ketombe dan mengusir kutu dari rambut anda.

Manfaat madu lebah yang digunakan untuk vitamin.

– Untuk keluarga anda yang sudah lanjut usia, madu lebah dapat digunakan sebagai suplement untuk membantu menjaga stabilitas atau kondisi tubuh.

– Untuk anak-anak madu bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan agar anak dapat tumbuh menjadi anak yang sehat, lincah, riang, dan tahan terhadap penyakit.

– Untuk orang dewasa madu berguna untuk menghindari timbulnya penyakit seperti tifus, radang, dll yang diakibatkan karena stress. Stress dapat muncul karena pekerjaan yang terlalu menumpuk banyak.

– Dapat membantu perkembangan otak pada buah hati anda. Perkembangan otak bayi akan terus berkembang sampai si kecil berusia 5 tahun. Untuk perkembangan otang membutuhkan gizi yang tinggi untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan otak si kecil yang terkait erat dengan kecerdasan fikiran dan kecerdasan mental si kecil.

– Manfaat madu lebah dapat membantu remaja tumbuh sangat cepat dengan gizi yang terkandung dalam maduyang mampu membuat pertumbuhan anak remaja anda menjadi sempurna.

– Mampu mambantu ibu hamil untuk menjaga stamina tubuh dan kesehatan itu selama masa kehamilan berjalan. Membantu asupan gizi yang tinggi untuk pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan sang ibu. Manfaat madu lebah juga baik untuk membantu memperkuat janin yang berada dalam kandungan ibunda.


=====================================

>>> Madu Zein Berasal dari 100% Madu Murni Hutan Riau Untuk Menjaga Kesehatan dan Kondisi Tubuh, Mengoptimalkan Kerja Jantung, Menambah Nafsu Makan, dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Serta Menyembuhkan Beberapa Macam Penyakit!, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Madu Lebah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>